20 April 2010

BATORO KATONG


PEMBAWA ISLAM PERTAMA & LEGENDARIS PONOROGO
Raden Katong, yang kemudian lazim disebut Batoro Katong, bagi masyarakat Ponorogo mungkin bukan sekedar figur sejarah semata. Hal ini terutama terjadi di kalangan santri yang meyakini bahwa Batoro Katong-lah penguasa pertama Ponorogo, sekaligus pelopor penyebaran agama Islam di Ponorogo.

Batoro Katong, memiliki nama asli Lembu Kanigoro, tidak lain adalah salah seorang putra Prabu Brawijaya V dari selir yakni Putri Campa yang beragama Islam. Mulai redupnya kekuasaan Majapahit, saat kakak tertuanya, Lembu Kenongo yang berganti nama sebagai Raden Fatah, mendirikan kesultanan Demak Bintoro. Lembu Kanigoro mengikut jejaknya, untuk berguru di bawah bimbingan Wali Songo di Demak. Prabu Brawijaya V yang pada masa hidupnya berusaha di-Islamkan oleh Wali Songo, para Wali Islam tersebut membujuk Prabu Brawijaya V dengan menawarkan seorang Putri Campa yang beragama Islam untuk menjadi Istrinya.

Berdasarkan catatan sejarah keturunan generasi ke-126 beliau yaitu Ki Padmosusastro, disebutkan bahwa Batoro Katong dimasa kecilnya bernama Raden Joko Piturun atau disebut juga Raden Harak Kali. Beliau adalah salah seorang putra Prabu Brawijaya V dari garwo pangrambe (selir yang tinggi kedudukannya).

Walaupun kemudian Prabu Brawijaya sendiri gagal untuk di-Islamkan, tetapi perkawinannya dengan putri Cempa mengakibatkan meruncingnya konflik politik di Majapahit. Diperistrinya putri Cempa oleh Prabu Brawijaya V memunculkan reaksi protes dari elit istana yang lain. Sebagaimana dilakukan oleh seorang punggawanya bernama Pujangga Anom Ketut Suryongalam. Seorang penganut Hindu, yang berasal dari Bali.

Tokoh yang terakhir ini, kemudian desersi untuk keluar dari Majapahit, dan membangun peradaban baru di tenggara Gunung Lawu sampai lereng barat Gunung Wilis, yang kemudian dikenal dengan nama Wengker (atau Ponorogo saat ini). Ki Ageng Ketut Suryangalam ini kemudian di kenal sebagai Ki Ageng Kutu atau Demang Kutu. Dan daerah yang menjadi tempat tinggal Ki Ageng Kutu ini dinamakan Kutu, kini merupakan daerah yang terdiri dari beberapa desa di wilayah Kecamatan Jetis.

Ki Ageng Kutu-lah yang kemudian menciptakan sebuah seni Barongan, yang kemudian disebut REOG. Dan reog tidak lain merupakan artikulasi kritik simbolik Ki Ageng Kutu terhadap raja Majapahit (disimbolkan dengan kepala harimau), yang ditundukkan dengan rayuan seorang perempuan/Putri Campa (disimbolkan dengan dadak merak). Dan Ki Ageng Kutu sendiri disimbolkan sebagai Pujangga Anom atau sering di sebut sebagai Bujang Ganong, yang bijaksana walaupun berwajah buruk.

Pada akhirnya, upaya Ki Ageng Kutu untuk memperkuat basis di Ponorogo inilah yang pada masa selanjutnya dianggap sebagai ancaman oleh kekuasaan Majapahit. Dan selanjutnya pandangan yang sama dimiliki juga dengan kasultanan Demak, yang nota bene sebagai penerus kejayaan Majapahit walaupun dengan warna Islamnya. Sunan Kalijaga, bersama muridnya Kiai Muslim (atau Ki Ageng Mirah) mencoba melakukan investigasi terhadap keadaan Ponorogo, dan mencermati kekuatan-kekuatan yang paling berpengaruh di Ponorogo. Dan mereka menemukan Demang Kutu sebagai penguasa paling berpengaruh saat itu.

Demi kepentingan ekspansi kekuasaan dan Islamisasi, penguasa Demak mengirimkan seorang putra terbaiknya, yakni yang kemudian dikenal luas dengan Batoro Katong dengan salah seorang santrinya bernama Selo Aji dan diikuti oleh 40 orang santri senior yang lain.

Raden Katong akhirnya sampai di wilayah Wengker, lalu kemudian memilih tempat yang memenuhi syarat untuk pemukiman, yaitu di Dusun Plampitan, Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan. Saat Batoro Katong datang memasuki Ponorogo, kebanyakan masyarakat Ponorogo adalah penganut Budha, animisme dan dinamisme.

Singkat cerita, terjadilah pertarungan antara Batoro Katong dengan Ki Ageng Kutu. Ditengah kondisi yang sama sama kuat, Batoro Katong kehabisan akal untuk menundukkan Ki Ageng Kutu. Kemudian dengan akal cerdasnya Batoro Katong berusaha mendekati putri Ki Ageng Kutu yang bernama Niken Gandini, dengan di iming-imingi akan dijadikan istri.

Kemudian Niken Gandini inilah yang dimanfaatkan Batoro Katong untuk mengambil pusaka Koro Welang, sebuah pusaka pamungkas dari Ki Ageng Kutu. Pertempuran berlanjut dan Ki Ageng Kutu menghilang, pada hari Jumat Wage di sebuah pegunungan di daerah Wringin Anom Sambit Ponorogo. Hari ini oleh para pengikut Kutu dan masyarakat Ponorogo (terutama dari abangan), menganggap hari itu sebagai hari naas-nya Ponorogo.

Tempat menghilangnya Ki Ageng Kutu ini disebut sebagai Gunung Bacin, terletak di daerah Bungkal. Batoro Katong kemudian, mengatakan bahwa Ki Ageng Kutu akan moksa dan terlahir kembali di kemudian hari. Hal ini dimungkinkan dilakukan untuk meredam kemarahan warga atas meninggalnya Ki Ageng Kutu.

Setelah dihilangkannya Ki Ageng Kutu, Batoro Katong mengumpulkan rakyat Ponorogo dan berpidato bahwa dirinya tidak lain adalah Batoro, manusia setengah dewa. Hal ini dilakukan, karena Masyarakat Ponorogo masih mempercayai keberadaan dewa-dewa, dan Batara. Dari pintu inilah Katong kukuh menjadi penguasa Ponorogo, mendirikan istana, dan pusat Kota, dan kemudian melakukan Islamisasi Ponorogo secara perlahan namun pasti.

Pada tahun 1486, hutan dibabat atas perintah Batara Katong, tentu bukannya tanpa rintangan. Banyak gangguan dari berbagai pihak, termasuk makhluk halus yang datang. Namun, karena bantuan warok dan para prajurit Wengker, akhirnya pekerjaan membabat hutan itu lancar.

Lantas, bangunan-bangunan didirikan sehingga kemudian penduduk pun berdatangan. Setelah menjadi sebuah Istana kadipaten, Batara Katong kemudian memboyong permaisurinya, yakni Niken Sulastri, sedang adiknya, Suromenggolo, tetap di tempatnya yakni di Dusun Ngampel. Oleh Katong, daerah yang baru saja dibangun itu diberi nama Prana Raga yang berasal atau diambil dari sebuah babad legenda "Pramana Raga". Menurut cerita rakyat yang berkembang secara lisan, Pono berarti Wasis, Pinter, Mumpuni dan Raga artinya Jasmani. sehingga kemudian dikenal dengan nama Ponorogo.

Kesenian Reog yang menjadi seni perlawanan masyarakat Ponorogo mulai di eliminasi dari unsur-unsur pemberontakan, dengan menampilkan cerita fiktif tentang Kerajaan Bantar Angin sebagai sejarah reog. Membuat kesenian tandingan, semacam jemblungan dan lain sebagainya. Para punggawa dan anak cucu Batoro Katong, inilah yang kemudian mendirikan pesantren-pesantren sebagai pusat pengembangan agama Islam.

Dalam konteks inilah, keberadaan Islam sebagai sebuah ajaran, kemudian bersilang sengkarut dengan kekuasaan politik. Perluasan agama Islam, membawa dampak secara langsung terhadap perluasan pengaruh, dan berarti juga kekuasaan. Dan Batoro Katong-lah yang menjadi figur yang diidealkan, penguasa sekaligus ulama.

Beliau kemudian dikenal sebagai Adipati Sri Batoro Katong yang membawa kejayaan bagi Ponorogo pada saat itu, ditandai dengan adanya prasasti berupa sepasang batu gilang yang terdapat di depan gapura kelima di kompleks makam Batoro Katong dimana pada batu gilang tersebut tertulis candrasengkala memet berupa gambar manusia, pohon, burung ( Garuda ) dan gajah yang melambangkan angka 1418 aka atau tahun 1496 M.

Batu gilang itu berfungsi sebagai prasasti "Penobatan" yang dianggap suci. Atas dasar bukti peninggalan benda-benda purbakala tersebut dengan menggunakan referensi Handbook of Oriental History dapat ditemukan hari wisuda Batoro Katong sebagai Adipati Kadipaten Ponorogo, yakni pada hari Ahad Pon Tanggal 1 Bulan Besar, Tahun 1418 saka bertepatan dengan Tanggal 11 Agustus 1496 M atau 1 Dzulhijjah 901 H. Selanjutnya tanggal 11 Agustus ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Ponorogo.

Batoro Katong dikenal memiliki sebuah pusaka tombak bernama Kyai Tunggul Naga. Tombak ini memiliki pamor kudung, tangkainya dari sulur pohon jati dan terdapat ukiran naga, dengan ukuran panjang kira-kira 60 cm.

Ada dua versi tentang asal muasal tombak pusaka tersebut. Yang pertama versi keturunan Demang Kutu Ki Ageng Suryangalam dan versi Babad Ponorogo.

Versi keturunan Demang Kutu, menyebutkan bahwa tombak Kyai Tunggul Naga dulunya milik Ki Ageng Suryangalam yang menjadi demang di Kutu. Dimana, Demang Suryangalam yang sebelumnya pujangga di istana Majapahit pergi meninggalkan istana karena kecewa. Nasehat-nasehatnya untuk menata negeri Majapahit tidak didengarkan oleh Prabu Kertabhumi. Menjelang runtuhnya kerajaan besar itu, keadaan negeri semrawut, bobrok. Banyak gerakan separatis ingin memisahkan diri dari Majapahit.

Sikap oposan Demang Suryangalam ini membuat Prabu Kertabhumi marah, ia kemudian menyuruh salah seorang puteranya yang bernama Raden Batara Katong untuk menangkap Demang Suryangalam. Setelah berhasil mengalahkan Demang Kutu, Raden Batara Katong kemudian memiliki tombak Kyai Tunggul Naga. Adapun tombak itu aslinya berasal dari Tuban, pusaka Adipati Tuban Ranggalawe. Tombak Kyai Tunggul Naga dikenal sebagai pusaka yang ampuh.

Sedang menurut versi Babad Ponorogo, tombak Kyai Tunggul Naga diperoleh Batara Katong dari hasil bersemadi di sebuah tanah lapang tanpa rumput sehelai pun yang disebut ara-ara. Waktu itu Ponorogo masih disebut Wengker. Raden Batara Katong ditemani oleh Ki Ageng Mirah, Patih Seloaji dan Jayadipa. Dari ara-ara itu didapatkan tombak Kyai Tunggul Naga, payung dan sabuk.

Sampai saat ini, nama Batoro Katong, di abadikan sebagai nama Stadion dan sebuah jalan utama Ponorogo. Batoro Katong-pun selalu di ingat pada peringatan Hari Jadi Ponorogo, tanggal 1 Suro. Pada saat itu, pusaka tumbak Kara Welang di kirab dari makam Batoro Katong di kelurahan Setono, Kota Lama, menuju Pendopo Kabupaten. Menurut Amrih Widodo (1995), pusaka sebagai artefact budaya memang seringkali diangkat statusnya oleh kekuasaan pemerintah lokal, sebagai totems, suatu yang secara sengaja di keramatkan dan menjadi simbol identitas lokal.

Hal inilah yang menunjukkan Batoro Katong memang tak bisa lepas dari alam bawah sadar masyarakat Ponorogo, dan menjadi simbol masa lalu (sejarah) sekaligus bagian dari masa kini. Batoro Katong bukan sekedar bagian dari realitas masa lalu, namun adalah bagian dari masa kini. Hidup di alam hiperealitas, dan menjadi semacam belief yang boleh emosi, keyakinan, kepercayaan masyarakat. Mengutip The Penguin Dictionary of Psycology, Niniek L.Karim mendefinisikan belief sebagai penerimaan emosional terhadap suatu proposisi, pernyataan dan doktrin tertentu.

Bagi kalangan tokoh-tokoh muslim tradisional, Batoro Katong tidak lain adalah peletak dasar kekuasaan politik di Ponorogo, dan lebih dari itu seorang pengemban misi dakwah Islam pertama. Posisinya sebagai penguasa sekaligus ulama pertama Ponorogo inilah yang menjadi menarik untuk dilacak lebih jauh, terutama dalam kaitan membaca wilayah alam bawah sadar yang menggerakkan kultur politik kalangan pesantren, khususnya elit-elitnya (kyai dan para pengasuh pesantren) di Ponorogo.

Alam bawah sadar inilah yang menurut psikolog Freudian, dominan menggerakkan perilaku manusia. Dan alam bawah sadar ini terbentuk dari tumpukan keyakinan, nilai, trauma-trauma yang terjadi dimasa lalu, yang kemudian hidup terus di bawah kesadaran individu dan suatu masyarakat dari waktu ke waktu.

Bagi masyarakat Ponorogo, Batoro Katong adalah tokoh dan penguasa pertama yang paling legendaris dalam masyarakat Ponorogo. Sampai saat ini Batoro Katong adalah simbol kekuasaan politik yang terus dilestarikan oleh penguasa di daerah ini dari waktu ke waktu. Tidak ada penguasa Ponorogo, yang bisa melepaskan dari figur sejarah legendaris ini.

117 komentar:

  1. saya merasa ada beberapa kesamaan data ( sama persis) antara tulisan di atas dengan blog lain yang pernah saya baca. hanya di beberapa bagian lain yang ada tambahannya. identitas penulisnya:(Kepala Divisi Penerbitan P3M INSURI PONOROGO,Peneliti IRCaS (Institute for Religion and Cultural Studies).

    apa hubungan tombak Kyai Tunggul Naga dengan Tombak Kara Welang? setelah membaca tulisan di atas, sepertinya tidak ada kelanjutan secara historis antara keduanya. sehingga tiba-tiba seperti hilang, tombak yang dikirab adalah Kara Welang, sedang Kyai Tunggul Naga ke mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus Atau KLIK DISINI

      Hapus
    2. Pusaka lainnya masih ada di sekitar pesarean/rumah warga dijaga dan dirawat dengan baik

      Hapus
  2. askum...
    niki ngartos nasabipun mbah batoro katong nopo mboten nggeh,..kulo cucunipun yai hasan furo gayam meniko cucu ingkan gkaping xxx saking mbah batoro...menawi ngartos, nyuwon kabaripun nggeh, suwon

    lutfi asrori = http://www.facebook.com/lutfi.asrori

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulo nggeh madosi,,,
      demugi saknki tseh dereng runtut

      Hapus
    2. Assalamualaikum.. Alhamdulillah mugi saget pinanggeh sedoyo. Sami kulo nggeh madosi, kulo saking keluarga h toyib jombang, mugi sarono blog meniko saget sambung

      Hapus
    3. kulo nggeh cucu saking yai hasan furo saking ds ngembak kel maron kec banyakan kab kediri, dulu sy suka di menghadiri haulnya yai hasan furo, mbah daahlan nhembak yg membacakan silsilah, yg pd ujung2nya yg sy ingat adalah mbah bethara katong, tp runtutanya sy ga hafal

      Hapus
    4. Alhamdulillah ... Kulo nggih keturunan saking bani matsuryan banyakan... Eyang Batoro katong nggih tirose buyut mbah2 kulo

      Hapus
    5. Ciri ciri di kukunya ada garis2 tegas katanya keturunan beliau apa benar?

      Hapus
    6. Alhamndulillah, kulo nderek pados info nopo leres mbah hasan puro niku tasek keturunan eyang bethoro katong,
      kulo nek mbhoten salah tasek wareng ipun mbah hasan puro, saking sepanjang,

      Hapus
  3. Maaf saya ada perbedaan kisah yang pernah saya dengar Bahwa Raden Bethoro Katong dari selir yang aslinya purworejo, dan beliau ke Ponorogo bukan diutus oleh penguasa demak justru di di kejar kejar karena politik dimana penguasa demak keturunan putri cempa sedangkan Raden Katong keturunan asli jawa mohon ada yang dapat menjelaskan secara otentik

    BalasHapus
  4. setahu saya, tombak nya ya Kyai Tunggul Naga, tp dapurnya apa saya belum tau benar, apa mungkin Kyai Tunggul Naga ber dapur Kara Welang (luk 13)?...secara keseluruhan crita yg saya dengar dan baca sama dengan tulisan tersebut diatas. trimakasih

    BalasHapus
  5. tolong aku diberi nama adipati ponorogo setelah R Katong , seolah-olah setelah R Katong
    suasana menjadi gelap

    BalasHapus
  6. Ada yg tau critanya mbah suratman alias mbah cluring yg menurut crita msih saudara batoro katong

    BalasHapus
  7. asalamualaikum wr.wb

    saya luhung cucu dari R.Sadad

    maap saya mau tny

    ada yg pny silsilah RADEN BATHARA KATONG sampe sekarang Gak?

    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Teman kami bernama raden kusuma (akun fb jg raden kusuma pp didepan bis warna biru) tinggal ditulungagung, dia mengaku keturunan dr raden betoro katong dan mempunyai silsilahnya

      Hapus
    3. Saya kushandari latip trah batoro katong wangsa kajoran trah dari situs srandil mertokusumo yang berputra notokusumoyang berputra wirodaru yang bermakam di bungkal ponorogo buyut saya yang kardinem putri ke 4 wirodaru...saya punya catatan wangsa kajoran yaitu pernikahan putri batoro katong dg sayyid kalkum/pangeran wot galeh adipati ponorogo II yang merupakan cucu ampel denta putra shech kambyah

      Hapus
    4. Baca dari bawah ke atas


      · Bp. R. Soemodisastro adalah putra dari Bp. R. Resosentono.
      · Bp. R Resosentono adalah putra dari Bp. R. Soemoredjo,
      · Bp. R. Soemorejo adalah putra dari Bp. R. Brodjokoesoemo.
      · Bp. R. Brodjokoesoemo adalah putra dari Bp. R. Adipati Soerohadiningrat I
      · Bp. R. Adipati Soerohadiningrat I adalah putra dari Dipati Mertowongso I ( Pangeran Kuning)
      · Dipati Mertowongso I ( Pangeran Kuning) adalah putra dari Pangeran Ronggowarsito
      · Pangeran Ronggowarsito adalah putra dari Pangeran Dipati Anom
      · Pangeran Dipati Anom adalah putra dari Pangeran Dipati
      · Pangeran Dipati adalah putra dari Pangeran Sinoengkarjo
      · Pangeran Sinoengkarjo putra dari Panembahan Agung (Pangeran Dodol).
      · Panembahan Agung (Pangeran Dodol) Putra dari Gusti BATARA KATONG

      Hapus
  8. asalamualaikum wr.wb

    saya luhung cucu dari R.Sadad

    maap saya mau tny

    ada yg pny silsilah RADEN BATHARA KATONG sampe sekarang Gak?

    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. yg punya silsilah mbsh Bathara katong afalah mbah yai Dahlan. ds ngebsk kel maron, kec banyakan, kab kediri. tp blm lama dia wafat, mungkin bs dtnyakan pd puttany dg alamat yg sama

      Hapus
  9. saya cicit dari M. Suryodipuro..
    adakah yang punya silsilah daro R. Bathoro Katong...
    mohon inbox saya via Facebook di

    phanditya@yahoo.com

    Putra Pradithya...

    salam hangat...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa minta tolong di emailkan silsilah ya ke email saya mas... yuniercandra84@gmail.com, salam kenal... merunut silsilah mugi2 saged nyambung silaturahmi

      Hapus
  10. pengen ngerti SILSILAHE boss!!!!

    BalasHapus
  11. pandhit, budi waluyo cisanggiri ya?

    BalasHapus
  12. rachmat semarang28 Juni 2012 pukul 04.45

    apakah raden sosroamidjojo yang beristri nyai tarwiyah dari ngadiluwih, kediri termasuk dalam keturunan pangeran bathara katong?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Saya memberi komentar sedikit mengenaitulisan di atas. Pertama, isi kesejarahan tulisan lbih banyak didasarkan pada keterangan dongeng yang belumjelas. Kedua ada beberapa data yang saya percaya penulis sendiri belum mengkaji dengan cermat. Ini uraian saya.

    1. Nama Kanigoro ada dua. Pertama Kebo Kanigoro dan kedua Lembu Kanigoro. Kebo Kanigoro ialah anak Bupati Pengging Handoyoningrat yang ialah menantu Brawijaya V karena menikahi Putri Mbarep Brawijaya V. Kebo Kanigoro punya adik Kebo Kenongo ayah Joko Tingkir. Kebo Kanigoro ini ialah guru Mahesa Jenar yang memiliki ajian Sosro Birowo. Kebo Kanigoro memperoleh ilmu itu dari Lembu Kanigoro yang dalam garis keturunannya ialah Paman karena Lembu Kanigoro yang kemudian bergelar Batoro Katong ialah Adik Putri Pambayun atau adik ipar Bupati Handayaningrat.
    2. Ketika Brawijaya V akan muksa di gunung Lawu, lebih dulu beliau beserta Sabdo Palon dan Noyo Genggong bermukim dulu di Banyubiru Salatiga, yang merupakan Kota Raja Kraton Pengging. Selama dalam palereman itu, Bupati Handayaningrat yang melayani semua kebutuhan. Karena itu, ketika terjadi kisah Kebo Gila Jaka Tingkir di Demak pada zaman Sultan Demak ke-3 Trenggono, Jaka Tingkir amat ditakuti. Ini sanepo bahwa wilayah Demak ialah bagian dari Pengging dan ketika Brawijaya V bermukim sebelum ke Gunung Lawu, Brawijaya V menitipkan wilayah ke Pengging. Jadi Jaka Tingkir ialah pewaris sah Pengging karena cucu Handayaningrat. Kebo Kanigoro merupakan pakdenya Jaka Tingkir dan karena tidak punya anak, hak waris ada pada Jaka Tingkir. Namun Jaka Tingkir milih Pajang di Kartasura sebagai pusat kerajaannya dan Pengging menjadi bagian kadipaten kerajaan Pajang.
    3. Nama kerajaan Wengker tidak muncul ketika Demang Kutu alias Suryongalam muncul tahun 1468an di Ponorogo. Prasasti Empu Sindok 900M dan Airlangga 1020 M menjelaskan bahwa Wengker sudah ada sejak zaman Mataram Kuno. Wengker bekerjas sama dengan Wora-Wari yang letaknya sekarang di Lawang dan Kanigoro Blitar, pernah menundukkan Darmawangsa Teguh raja Kahuripan sebelum kemudian direbut kembali oleh menantunya Airlangga. Waktu itu, wilayah Wengker mendapat perhatian khusus karena untuk pusat peribadatan dan disebut bersama-sama dengan Perdikan Kampak, Munjungan, Gandusari di Treggalek sekarang. Pada zaman Prabu Hayamwuruk 1368an, Wengker juga memegang peran penting dalam tata pemerintahan karena Permaisuri Hayam Wuruk ialah putri Wengker. Jadi keluarga kerajaan Wengker mendapat porsi kewenangan yang amat penting dalam keluarga raja sepanjang zaman. Setelah Airlangga mundur, kerajaan dibagi 2, Kediri dan Panjalu. Keturunan kedua Airlangga bentrok dan kerajaan Wengker juga berperanan penting.
    4. Demang Kutu bukan Putut asal Bali, tetapi memang keluarga raja Wengker yang ditugasi menjadi penasihat raja. Beliau memiliki kelebihan dan kesaktian yang luar biasa karena ilmu warok dari Ponorogo memang sudah ada sejak Mataram Kuno sehingga Wengker walaupun kerajaan kecil amat sulit ditundukkan.

    Demikian komentar saya. Teguh Budiharso dr_tgh@yahoo.com HP 081334455566

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedikit mencermati "mahesa jenar" itu bukannya tokoh fiktif karangan novelis dari jogja

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Terima kasih mas teguh dng beberapa goresan penanya semoga kita dapat dipertemukan oleh yang maha kuasa nama saya R.M.Moestoro di kota kediri mohon maaf menurut buku silsilah poro rojo ing tanah jowo ingkang saking kadewatan ugi saking kaislaman saya ditulis sebagai wareng katong mas nuwun

      Hapus
  15. mosok suromenggolo omahe ngampel, tonggoku la'an

    BalasHapus
  16. menarik, tulisan dan komen nya..menambah wawasan dan semoga kita bisa mencontoh semua kebaikan Mereka..amin

    BalasHapus
  17. sangat menarik, saya sendiri juga punya silsilah batorokatong sampai dengan sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. kalau punya silsilah batharo katonh, saya minta ya. dri keturunan waryomejo kanigoro blitar.
      rifanhabibi23@gmail.com

      Hapus
  18. Dari ulasan diatas cukup baik, hal ini saya ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai putra-putri dari betoro Katong itu siapa saja, kiarena saya ada pada silsilah dari P batoro Katong mohon kejelasanya suwun

    BalasHapus
  19. tolong kl nuis sejarah diberi catatan dr mana sumber yang dipakai, sehingga bisa ditelusuri. Ni fakta sejarah atau hanya dongeng tanpa fakta. ok selamat berkarya lagi.

    BalasHapus
  20. Banyak kesalahan, karena tidak seperti yg di ceritakan nenek ku,,

    maav, aku juga keturunan batoro katong,, aku salah siji ney sing kapilih,,

    uripku uduk neng ponorogo tp jare ney mbahku nag ora percoyo .. Okon dileng nama ibu ku di tulisan neng batara katong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon tolong dijelaskan dimana letak kesalahannya sebagai sesama keturunan Batara katong saya juga ingin mengetahuinya jujur saja kakek saya meninggal sebelum ia dapat menjelasakan cerita Batara Katong kepada ayah saya, jadi saya kurang mengetahui tentang Bataro katong walaupun saya masih keturunannya

      Hapus
  21. luar biasa.
    batara katong merupakan sosok yang penuh kharismatik dan mempunyia manajerial yang hebat..

    BalasHapus
  22. Mengutip keterangan seorang pakar budaya, sejarah di indonesia sblm datangnya belanda sangat sulit dipercaya sbb tdk memiliki metode periwayatan dan metode pencatatan sejarah yg akurat. Oleh sbb itu, terkait sejarah, kita hanya bisa berucap wallahu a'lam. Sedangkan terkait hikmahnya, monggo kita sama2 menghayati diri kita apa kita dpt mencontoh para tokoh yg dilegendakan tsb terutama dlm kiprah dakwah ilal khoir..

    BalasHapus
  23. Tanya aja langsung ke cicit beliau, Mbah Samikun cucu Umar Sidiq cucunya Betoro Katong dalem beliau di Babadan Ponorogo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua orang silahkan aja ngaku keturunan asli batoro katong.

      Hapus
  24. bingung,KEBO KANIGORO & KEBO KENONGO, anak putri PEMBAYUN,keturunan Ki Ageng Pengging

    BalasHapus
  25. bingung,KEBO KANIGORO & KEBO KENONGO, anak putri PEMBAYUN,keturunan Ki Ageng Pengging

    BalasHapus
  26. mas anonim email sampean opo...aku jg keturunan raden bathara katong mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar info, paman saya di banyuwangi juga ada silsilah dr raden betoro katong, saya pernah d kasih liat lembar silsilahnya. Yg terlacak masih sampai keluarga d kediri... salam silaturrahim Pak

      Hapus
  27. saya keturunannya sang amurwabumi

    BalasHapus
  28. iya silsilah itu dari raja majapahit pertama....susnan derajat...batara kantong....saya yang pegang pegang, paman-nya siapa namanya karna saya dari banyuwangi dan skr berdomisili di plg dan masih saya yang pegang...apa ada revisi yang baru....

    BalasHapus
  29. mbok yo di posting kalo ada yg punya data, tinggal scan dibagikan buat yg mau tau, sapa tau bisa membantu yg pada penasaran....

    BalasHapus
  30. saya ada nih, ketikan jadul, judulnya "BIOGRAFIE : PANGERAN R. Ng. KASANJACOEB"...konon dari tulisan itu :
    Pangeran Batoro Katong (putra : R.M. Brotonagoro)
    R.M. Brotonagoro (putra : R.M Brotoleksono)
    R.M. Brotoleksono (putra : 1 (satu) putri.
    =======oOo=====
    Ki Ageng Djopo (Demak) (putra : putri daup Ki Ageng Toewan.
    Ki Ageng Toewan (Kartasura) : (putra : Kasanjacoeb)
    R.M. Brotoleksono besan Ki Ageng Toewan.
    R. Ng. Kanjacoeb (magelang) : (putra : 1. R.R. Koesen (Bandar) 2. R. Imam Mangoendihardjo. 3. R. Moesman Soerodihardjo. 4. R. Djahet Martoharjo)
    dst, dstnyaaaaa...........
    ada yg minat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. minta silsilahnya mas, saya dari mbah waryomejo blitar

      rifanhabibi23@gmail.com

      Hapus
  31. mending ngurut kebawah ajalah, mulai Pangeran Batoro Katong kebawah.....yooohhh, sapa tau kita sedulur...keturunan Pangeran...kan kereeennnnn?

    BalasHapus
  32. bikin deh REUNI AKBAR KELUARGA KETURUNAN PANGERAN BATORO KATONG...........mantaaabbbsss

    BalasHapus
  33. aku membaca ini karena diminta istriku mencarikan siapakah bethara kathong itu? Sebab sering bermimpi ditemui oleh beliau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciri cirinya kanjeng eyang betara katong gimana ya mas?

      Hapus
    2. ciri cirinya kanjeng eyang betara katong gimana ya mas?

      Hapus
  34. aku membaca ini karena diminta istriku mencarikan siapakah bethara kathong itu? Sebab sering bermimpi ditemui oleh beliau.

    BalasHapus
  35. aku membaca ini karena diminta istriku mencarikan siapakah bethara kathong itu? Sebab sering bermimpi ditemui oleh beliau.

    BalasHapus
  36. aku membaca ini karena diminta istriku mencarikan siapakah bethara kathong itu? Sebab sering bermimpi ditemui oleh beliau.

    BalasHapus
  37. aku membaca ini karena diminta istriku mencarikan siapakah bethara kathong itu? Sebab sering bermimpi ditemui oleh beliau.

    BalasHapus
  38. aku membaca ini karena diminta istriku mencarikan siapakah bethara kathong itu? Sebab sering bermimpi ditemui oleh beliau.

    BalasHapus
  39. kata bapakku yang katanya masih keturunan citro wiryo yang makamnya dikatong ponorogo yang katanya masih keturunannya,bilang klo ada semacam warisan yang diberikan pada anak cucu trah dr R.katong,contonya pakdeku dulu punya semacam foto jadul kraton surakarta dimana jika kita datang kekraton solo kita gak ribet dengan prosedurnya karena itu identitas kluarga/ID passnya,tpi sama pakdeku dahdijual keorang sayang memang!?,ada juga pusaka2 yang sekarang masih disimpan dirumah nenek tapi dirawat apa gak aku kurang tau,nenek sebelum meninggal pernah bilang klo pernah diajak kemakam dimana siapa saja yang masih keturunan bisa merangkul makam itu akan tercapai tujuannya,ada juga yang gak bisa, itu cerita nenek,?! klo dari sodaraku di sumoroto dideket keprabon kakek ku ada pohon jati besar yang kata kyai ada pusaka 2 jenis berwujud tombak dan keris,katanya nanti suatu saat akan menampakkan ujud dan ikut pada salah satu dari kami cucu-cucunya,ada juga pesan dari canggah klo marah sama orang jangan sampai menampar pake tangan kiri lebih baik pukul aja,kluarga kami juga mengadakan arisan kluarga tapi karena keturunan yang berada dibarat ponorogo banyak yang ekonomi lemah akhirnya kami jarang ikut.sepupuku juga pernah berkunjung ke makam raja dijogja dia bilang klo ada hawa misterius yang terasa jika kita bener2 keturunan,dari keterangan yang kami tahu bahwa raja jogja solo ponorogo itu ada hubungan sodara,saya sendiri tau hanya dari cerita,yang kadang aku heran pernah kejadian berkali2 sewaktu aku marah sama seseorang dan mengucap kata2 apa yang aku sebut jadi kenyataan dan menimpa orang tersebut, entah itu takdir atau apa itu rahasia allah,pernah juga aku disuruh mencari sodara yang tinggal dijakarta tapi entah dimana alamatnya, yang sudah sukses,tpi dia lom nikah,aku bingung!? bagaimana bisa menemukannya? sampe sekarang lom ketemu (klo ada informasi mohon hub nmr 082327880421 saya sekarang tinggal dibogor) maaf untuk menyebut nama kakek dan semua trah kluarga kami saya tdk hafal karena ada dilembar yang dibawa sodara di sumoroto,yang jelas bapak klo nyekar ke citrowiryo dimakam katong karena masih trah.

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Sejarah Nusantara sdh diacak2 Dahulu Oleh Belanda. Semuanya ditautkan ke Brawijaya V. Baik Bathoro Kathong-Kyai Ageng Brondong- Pandanaran - Bindoro Saut Sumenep... Kesengajaan ini dilakukan Oleh Belanda utk mengkaburkan Data Silsilah Dzuriah Nabi Muhammad رسول الله صلى الله عليه وسلم . Agar tercerai berai. Sekarang Saatnya kita Bersatu membuka lembaran2 Baru Utk KEBANGKITAN NUSANTARA. ÙˆَاللَّÙ‡ُ Ø£َعْÙ„َÙ…ُ بِالصَّÙˆَابْ

    sekarang sdh terbuka semua lewat naskah naskah kuno dan silsilah silsilah kuno yg ga sempat diangkut pulang ke belanda
    "BETHORO KHATONG BUKAN ANAK BRAWIJAYA tapi Cucu Brawijaya, Krn Ayahnda nya Yaitu Prabu Handayaningrat / Ki Ageng Panging Sepuh Adipati Penging adalah menantu Prabu Brawijaya V. Nama Lain Bethoro Khatong adalah KEBO KANIGORO , kakak adik dgn Kebo Kenongo alias Ki Ageng Penging................."

    Dalam kitab kuno bahwa Sunan Geseng adalah Kyai Ageng Gribig murid sunan kalijaga dari Kediri dan mengabdi ke sunan tembayat dan saya menemukan nama lain Bethoro Khatong Ponorogo 1 / Kediri / Jawa Timur adalah Sunan Geseng .....

    Nah dua putri Bethoro Khatong menikah dgn sayyid, yg satu di nikah oleh Panembahan Agung / sayyid kalkum wotgaleh makam di ponorogo bergelar Adipati Ponorogo 2 / Bethoro Khatong 2 ..... ( Krn menikah dgn putri pertama bethoro khatong jd meneruskan jabatan mertuanya) Putri yg kedua yaitu Nyai Ageng Kendal Kaliwungu menikah dgn Sunan Tembayat.

    Jadi kesimpulannya dua putri bethoro khatong menikah dgn klrg pangeran tumapel bin ampel denta bin maulana malik ibrahim asmoro qandi bin syeikh jumadil qubro. Mangga di cek ulang berdasar beberapa literatur. Sedang bethoro khatong yang 1 adalah nama lain dari kebo kanigoro bin sayyid handayaningrat Bethoro khatong di utus raden patah ke kediri utk menyebarkan agama islam. Dan menjadi penguasa di ponorogo disana setelah itu bethoro khatong alias kebo kanigoro hijrah / lari ke arah jawa tengah .... Merapi, lawu dan sekitarnya bahkan hingga ke klaten ( bayat dan jatianom ), karena dianggap akan memberontak terhadap Demak.

    Jika di telusuri alur galur silsilah Bethoro Khatong 1 alias Sunan Geseng alias Kebo Kanigoro adalah Putra dari Prabu Handayaningrat Penging Sdg nama Prabu Handayaningrat adalah Sayyid Muhammad Kebungsuan Kelantan bin syeikh jumadil qubro dari Tulisan penghulu cirebon pada masa itu.

    Disarikan dari naskah kuno Panembahan Kajoran tahun 1677 yg naskah aslinya memakai huruf jawa dan arab gundul. Waalloohu’alam intaha.
    (Dikutip dari : Tulisan Trah Kajoran “Nyai AGeng Kajoran”)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Alhmdulillaah..inilah sejarah yg benar..tidak dahulu dan tidak zekarang kita bangsa indonesia hrs tetap waspada dg bangsa luar sperti blanda tempo dlu yg mnjajah harta warisan dan budaya sampai ke nasab kita..amiin

      Hapus
  42. Banyak yg ngaku keturunan eyang batara katong ya.. hehehe,, ya sudah saya melipir saja hehe..

    BalasHapus
  43. MBOH AKU KETURUNANE SOPO, SOPO WAE SING NURUNKE AKU BAGI MEREKA AL-FAATIHAH.................

    BalasHapus
  44. salam kenal...

    kebetulan saya tinggal di surabaya, sy br 2 kli masuk makam batara katong, yg pertama (saya, ortu, adik) pd hr biasa saya masuk samapi ke dlm makam, yg kedua pada 2013 saat 1 hr sebelum suro dan mlm suro an, tdk dapat masuk krn byk acara, jd cmn bisa dzikir/doa dr luar sj, pada jam 24.00 mlm suro listrik dimatikan kurang lebih satujam, gelap gulita...serem hanya terdengar org berdzikir,

    kalo arisan keluarga sdh ada tiap tahun setelah lebaran dr berbagai kota kumpul, pindah2 tempat kata org tua saya begitu, cmn dr trah mana saya kurang tahu, krn sy belum pernah ikut, moga tahun ini ada di jawa timur jd dekat.

    kalo suro an coba main saja kesana, byk yg datang dr berbagai kota, banyak acara

    kalo saya kebetulan ada saudara disana sekitar 200mtr dr gedong/makam, kalo ayah saya bilang dr nenek asli orang Setono masih keturunan dr trah xxx (maaf tdk sy sebutkan) masuk dlm garis keturunan batara katong

    ngak apa2 main2 saja kesana, terutama kalo suro,... ngopi di depan makam, ... mantap kopi nya,... bener2 bikin melek... samapi subuh

    salam kenal

    BalasHapus
  45. Mau nanya kang... Sarehan atau makam raden bathoro katong sebenarnya ada di ponorogo apa di kendal. Nuwun

    BalasHapus
  46. Semoga para dhuriyah eyang bhatoro katong menjadi pemimpin yg amanah,ngalahadhiniyah ALFATIHAH.

    BalasHapus
  47. waah,,, keturunan nya mbah bathara katong banyak ya....??? Berati kita saudara semua donk,, coba kalau ada yang mau ngumpulin,, bisa jadi keluarga besar banget.. Hehe

    BalasHapus
  48. Saya juga keturunan Betoro Katong dari garis Kyai Mohamad Muso yg makamnya nempel di balik masjid yg ada di halaman kompleks makam itu

    BalasHapus
  49. Rumah ayahku (alm) 100 meter arah barat dari makam bathoro katong. Rumah ibuku (alm) 100 meter arah timur makam bathoro katong. Kakekku di tahun 70-an adalah imam mesjid jami' batoro katong. Jika aku nyekar, kami sampai depan pintu jogan makam bathoro katong. Anak-anakku, bukan kakek/nenek buyut hebat yang membuat kalian hebat/tidak. Tapi semangat kalian dan doa orang tua. Yang pasti, jangan kita lupakan sejarah kita sendiri.

    BalasHapus
  50. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
    berikan 4 angka 7869 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI DARMO,,di no ((( 082-310-142-255 )))
    insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
    juta, wassalam.
    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....
    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!
    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat
    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..
    Solusi yang tepat jangan anda putus asah.... AKI DARMO akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: AKI DARMO DI NO: (((082-310-142-255 )))
    atau klik langsung di http//suhuacay.blogspot.com
    angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
    angka GHOIB; malaysia
    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
    angka GHOIB; laos


    BalasHapus
  51. ada yang tahu sejarah mbah Lotong apa nggak ea? beliau anak dari Bethoro Katong yang diam2 hidup di daerah Blitar tepatnya di daerah Wlingi utara.. bila ada yang tahu tolong e-mail saya di tulusanc.blitar@gmail.com

    BalasHapus
  52. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
    berikan 4 angka < 3942 > alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no (((082-313-336-747)))
    insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
    juta, wassalam.


    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..







    Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082-313-336-747)))




    angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/



    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/



    angka GHOIB; malaysia



    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/



    angka GHOIB; laos

    BalasHapus
  53. saya minat reunian silsilah batorokatong

    BalasHapus
  54. Salam kenal..
    Bapak saya keturunan dr suro menggolo, td hanya 1 garis keturunan aja yg skr msh berkomunikasi.. sedangkan dr saudara lainnya (anak suro menggolo) lainnya tdk tau keberadaannya.. ��

    BalasHapus
  55. SAYA P, ARDI INGIN BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA MBAH RIJI
    YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA DAN INI NMR TLPN BELIAU
    082 388 362 128 KARNA SELAMA INI ORANG ORANG TUA SAYA
    SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG
    TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA DAN MOTOR
    YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH
    SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI ITU SEMUA ATAS BANTUAN MB AH RIJI
    YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA
    KAMI DAN TIDAK DISANKA SANGKA TERNYATA BERHASIL.
    BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA MBAH RIJI
    SEPERTI KAMI SILAHKAN TLPN MBAH RIJI
    DAN INI KISAH NYATA DARI KAMI.DAN INGAT KESEMPATAN
    TIDAK AKAN DATANG UNTUK YANG KEDUA KALINYA TERIMAH KASIH

    BalasHapus
  56. Terima kasih untuk penulis bloger yang bisa menceritakan dengan ditail mengenai R batoro Katong..

    Mudah mudah an bloger bisa mendapat suatu keberkahan dari R batoro katong...

    Dan para keturunan beliau jangan suka menyombongkan diri, karna beliau pasti tidak akan suka.. Karna yang dilihat adalah kadar keimanan kita di mata allah Swt, bukan kita keturunan siapa..

    Saya memohon maaf jika ucapan saya ada yang salah..
    Semogo dengan cerita ini kita semua bisa lebih mengetahui apa yang tidak kita ketahui..

    Terima kasih untuk bloger, semogo mendapat keberkahan dari beliau

    Wass..

    BalasHapus
  57. Mohon informasinya jika anda-anda mengetahui atau pernah dengar mengenai mbah dirman yg prnah menjabat sebagai bupato ponorogo namun saya tdk tahu tahun tepatnya kapan,istri beliau bernama saswati. Mnrut cerita dr orng tua dan nenek saya, saya msih keturunan dr mbah dirman. Namun, krn buku silsilah dibawa kakak nenek saya kala itu mengembara ke sumatra, akhirnya silsilah sperti tdk terlacak. Mohon infonya barangkali ada yang tau. Sbg cicit saya sangat ingin tau cerita asli mengenai beliau. Bisa email ke saya: cheygoo14@gmail.com. terimakasih

    BalasHapus
  58. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus
  59. kalau ada keluarga r.soejatno sindu wardono ....ponorogo pindah ke jakarta. hubungi saya email putriyohana@yahoo.com

    BalasHapus
  60. Benar Ki Ageng Kutu Suryo Alam saya delum dengar ia orang Bali tapi aku orang desa Kutu dulu kemudian tahun 1979 kerja di Intsansi Pemerintah di Surabaya. Kepalaku orang Bali bernama I Gusti Made Arka. Aku pernah salah ngomong Ki Ageng Kutu Suryo Alam namanya Ketut Suyo Alam dari Bali, rupanya di dengar dan disebar luaskan cerita saya itu oleh teman teman yang dengar waktu itu. Maafkan kata saya itu sebelum itu dari ceritera ibuku tidak ada nama Ketut Suryo Alam. Pusaka Ki Ageng Kutu di sebut Rawe Puspito dan putrinya bernama Niken Sulastri diperisteri Batoro Katong dan pusaka tombak Rawe Puspito dibawanya setelah merayu Niken Sulastri. Ki Ageng Kutu mukso di Gunung Bacin Desa Bancangan.
    Yang belum mengerti saya Kyai Imam Besari (wafat 1714? )itu katanya juga keturunan Ki Ageng Kutu apa benar sumbernya dari mana kalau baca di Google katanya turun Majapahit. Benar Ki Ageng Kutu turun Majaphit Isteri Hayam Wuruk orang Wengker. Patih Gajah Mada juga Moksa apa isterinya juga orang Wengker.

    BalasHapus
  61. Saya orang kutu punya nenek Raden Roro /Raden Ayu (siapa ya ?) nenek putri saya dimakamkan di Caruban di depan makam tulisan Jawa (R Jayengrono Bupati Pulung ? Loh kok Bupati Pulung?) Ada yang tahu? ia nenek putri tidak mau dimakamkan bersama Kakek kakung di desa Singgahan Kec Pulung Punorogo ingin ditengah tengah para raden keluarga Raja. Leluhur saya dari kakek kakung dari ibu menjabat Palang palang Lurah lurah Singgahan juga dari Bedruk Sooko,Carik Mendak dsb. Saya dari jalur Mbah Sunarno salah satu putra sulung ( Cucu Rr) dimakamkan di Makam Pahlawan Ponorogo bernama Prajurit Suyono wafat di pertempuran Surabaya. Ayah saya Kapten Sakoet TNI AD berhak juga dimakamkan di makam Pahlawan juga tapi Dia dimakamkan di desa Kutu tengahan belakang masjid ditandai dengan Pahlawan Pejuang Kemerdekaan/ Bambu runcing dimakamkan dengan upacara Militer Salvo Lahir 1921 wafat tahun 1992. Kutu dibagi Dua Kutu kulon dan Kutu Wetan terdiri Wetanan dan Tengahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg dicaruban jayengrono 2.
      dlu bpti pulung yg pindah ke caruban.ada silsilahnya

      Hapus
  62. ¬ hal yg tidak pernah terbayangkan kini menjadi kenyataan,dengan keluarga saya untuk AKY SANTORO kami ucapkan banyak terimah kasih karna berkat BANTUAN AKY SANTORO ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari segala HUTANG HUTANG. karna nomor togel yang di berikan KY SANTORO YAITU-4D. nya BENAR BENAR TERBUKTI TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN.125 juta.ALLHAMDULILLAH saya bisa menutupi semua tuhang hutang saya.dan MOTOR saya yg dulunya aku gadaikan,kini sudah di tebus kembali.dan kami juga sudah membuka usaha kecil kecilan,kami tidak menduga KY SANTORO TELAH MERUBAH NASIB KAMI DALAM SEKEJAP.dan hanya AKY SANTORO Lah DUKUN TOGEL YANG PALING BERSEJARAH DI KELUARGA KAMI.ini adalah benar benar kisah nyata dari saya.dan saya tidak malu menceritakannya.semua tentang kesusahan yg perna saya jalani.karna di situlah saya mulai berfikir bahwa mungkin masih banyak saudara kami yg membutuhkan bantuan seperti saya.yang ingin seperti saya silahkan hub AKY SANTORO DI NOMOR(_0823_1294_9955_).DI JAMIN 100% TEMBUS.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI.DAN SAYA SANGAT YAKIN BAHWA ANGKA GHOIB YANG DI BERIKAN KY SANTORO DAPAT MERUBAH NASIB ANDA SEPERTI SAYA.SEBELUMNYA SAYA MOHON MAAF KALAU ADA PERKATAAN SAYA YANG KURANG SOPAN.TOLONG DI MAAF KAN.TERIMAH KASIH.THANK'Z ROOMX ZHOBATH.!!!

    ¬ hal yg tidak pernah terbayangkan kini menjadi kenyataan,dengan keluarga saya untuk AKY SANTORO kami ucapkan banyak terimah kasih karna berkat BANTUAN AKY SANTORO ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari segala HUTANG HUTANG. karna nomor togel yang di berikan KY SANTORO YAITU-4D. nya BENAR BENAR TERBUKTI TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN.125 juta.ALLHAMDULILLAH saya bisa menutupi semua tuhang hutang saya.dan MOTOR saya yg dulunya aku gadaikan,kini sudah di tebus kembali.dan kami juga sudah membuka usaha kecil kecilan,kami tidak menduga KY SANTORO TELAH MERUBAH NASIB KAMI DALAM SEKEJAP.dan hanya AKY SANTORO Lah DUKUN TOGEL YANG PALING BERSEJARAH DI KELUARGA KAMI.ini adalah benar benar kisah nyata dari saya.dan saya tidak malu menceritakannya.semua tentang kesusahan yg perna saya jalani.karna di situlah saya mulai berfikir bahwa mungkin masih banyak saudara kami yg membutuhkan bantuan seperti saya.yang ingin seperti saya silahkan hub AKY SANTORO DI NOMOR(_0823_1294_9955_).DI JAMIN 100% TEMBUS.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI.DAN SAYA SANGAT YAKIN BAHWA ANGKA GHOIB YANG DI BERIKAN KY SANTORO DAPAT MERUBAH NASIB ANDA SEPERTI SAYA.SEBELUMNYA SAYA MOHON MAAF KALAU ADA PERKATAAN SAYA YANG KURANG SOPAN.TOLONG DI MAAF KAN.TERIMAH KASIH.THANK'Z ROOMX ZHOBATH.!!!

    BalasHapus
  63. saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan











    saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan


    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
  66. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    BalasHapus
  67. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk AKI.NAWE kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual KI NAWE meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya KI NAWE lah yang bisa merubah nasib kami..KI NAWE orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 085=218=379=259=AKI NAWE, Atau kunjungi situs PESUGIHAN DANA GAIB
    dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.

    BalasHapus
  68. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar...

    BalasHapus
  69. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus
  70. Assalamu alaikum wr wb...saya agustina member MBAH SANGKIL yang berhasil,angka yang di berikan MBAH SANGKIL kemarin 4d SGP tembus 100%,syukur alhamdulillah dapat kemenangan (400.juta) terima kasih banyak MBAH SANGKIL,berkat bantuanny saya sudah bisa melunasi hutang bapak saya sama rentenir,dan bukan hanya itu MBAH saya juga sudah bangunkan rumah untuk kedua orang tua,bagi teman-teman pecinta nomor togel kalau mau menang seperti saya lansung hubungi MBAH SANGKIL di nomor hp: 0852-1049-3757 tidak usah di ragukan lagi karna saya sudah membuktikannya adapun bantuan lainnya selain pesugihan nomor togel (1.) Pesugihan Uang Ghaib (2) Pesugihan Minyak Penarik Uang (3) Pesugihan Uang Balik (4) Pesugihan Bank Ghaib (5) Pesugihan Tuyul (6) Pelet Ampuh (7) Transfer Janin

    BalasHapus
  71. adakah yg tau urutan silsilah dari keturunan ini:
    RM.Asikin/Kyai Mohammad Ngasik.berputera
    RM.Mohammad Musa.berputera
    RM.Imam Besari.berputera
    RM.Imam ulomo.berputera...

    BalasHapus
  72. cari rejeki yg halal..jangan main togel yg menyesatkan..bikin blog togel sendiri sana..jngn ngotorin blognya orang

    BalasHapus
  73. Raden Batara ini anak Rade Wijaya yg menikah dgn Anak Abdullah Baidzul Dzamani cucu Ali Bin Abuthoalib yg bernama Musarafatul Idzatti ( Raja Wakaaka Raja Buton Ke 1. Dlm buku martabat tujuh Raden Batara bersama Isterinya dgn ke 6 orang anaknya meninggalkan Kerajaan buton menuju ke Daerah Jateng Gunung Lawu. Semoga ini kebenaran yg kami cari ini benar adanya. Insya Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul saya punya silisilah batara katong menikah dan punya 6anak.istri saya masih keturunan ke7

      Hapus
  74. Mas..saya masih keturunan pakde ponidi blantik sapi pasar sumoroto..mohon mungkin ada yang tau sejarahnya.

    BalasHapus
  75. salam blog walking gan...
    memang menarik membaca kisah sejarah para pejuang terdahulu yang sudah berkorban untuk tanah air tercinta. mari kita meneruskan perjuangan mereka dengan terus berkreasi dan berkarya demi kemajuan bangsa tercinta.

    BalasHapus
  76. Saya dari kota malang dan keturunan dari SACANPURO. Beliau ada tiga bersaudara. SEBOMENGGOLO, POTRUNO, SACANPURO. Kalau ada saudara disini yang mengenal nama atau kisahmya. Tolong untuk memberi informasinya. Terima kasih

    BalasHapus
  77. Izin bertanya, apakah ada rombongan dari utusan, atau rombongan Majapahit PD era Bethara Katong berjalan menuju wilayah TEGAL/ KABUPATEN TEGAL ?????

    BalasHapus
  78. Tolong yang jualan togel minggir dulu..

    BalasHapus
  79. Maaf. Saya Tri Haryono asal Kulon Progo, DI Yogyakarta...saya cenderung pada versi Ponorogo sebagai asal Reog dan sejarah nya, sebab kesenian Reog berkembang sampai Kulon Progo dari sekitar tahun 1677 sd sekarang konon yang membawa bernama Warok Singoludro, dia juga berjasa kepada kerajaan Mataram, membantu mengatasi pemberontakan Trunojoyo saat itu, sehingga diberi hadiah tanah perdikan di sebelah barat sungai Progo, makam beliau di Kompleks Makam Giripurno Tonobakal Hargomulyo Kokap Kulon Progo, satu kompleks dengan para Adipati Adikarto, yang dulu tanah perdikan yg diberikan pada Singoludro, di dekat makam ada dusun Tangkisan yang masih nguri uri kesenian Reog peninggalan leluhur Singoludro sampai sekarang, di Kulon Progo juga ada tombak Kyai Bantarangin, pusaka peninggalan leluhur...Bila di Ponorogo makam Singoludro tidak diketemukan monggo silahkan betkunberkuke Kulon Progo beliau dimakamkan di desa Kami, sebagai seorang yang berjasa membantu Mataram saat Raja Amangkurat II melawan Trunojoyo, terima kasih, rahayu

    BalasHapus
  80. Bismillahi Rahmani Rahim
    Assalamu Alaikum Wr Wb,
    Sy mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda tapi ini kisah nyata sya pribadi,ingin ceritakan pengalaman pribadi yg mengubah kehidupan sy menjadi sukses.perkenal kan sy Sitti Fatimah tkw di SINGAPORE,dulu profesi sebagai pengasuh anak majikan di SINGAPORE selama 3tahun sy bekerja dengan gaji yg pas pasan jadi keluarga saya di kampung menjadi banyak hutang sedangkan sy tiga bersaudara dan sayalah yg menjadi tulang punggung ,bapak udah meninggal dan ibu sudah lanjut usia,sedangkan adik yg no 2 kurang normal dan yg bungsu masih sekolah smp,namun himpitan ekonomi yg sangat menekan,mana hutang piutang semakin menumpuk tapi sy tetap tidak menyerah dengan keadaan,sy tetap ikhtiar dan pada suatu hari sy tdak sengaja membuka fb, sy membaca nya dan ada seorang nama Kyai Romo Lawu bisa membantu orang yg sedang kesusahan terutama masalah hutang maka sy tanpa berfikir panjang sy langsung mengubungi beliau.
    Alhamdulillah sy benar-benar di bantu oleh Kyai Romo Lawu sy di berikan pencerahan dan solusi pada awalnya sy ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau
    Alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang sy punya beberapa rumah kontrakan.terima kasih sya ucapkan kepada bapak ( Kyai Romo Lawu ) sebab berkat perantara beliau sy bisa seperti ini,mungkin banyak orang yg menyebut sy mengada-ngada tapi sy buktikan sendiri khusus yg serius mau minta bantuan,silahkan hubungi beliau orangnya ramah,
    ini no tlp/whatsapp beliau 0852-1410-1486
    Nama FACEBOOK
    Kyai Romo Lawu
    ini pengalaman pribadi sya percaya atau tidak semua tergantung anda pembacanya,demi Allah ini kisah nyata saya sekian dan terimah kasih .. Assalamu alaikum wrb...
    apa kah anda termasuk dalam katagori orang seperti sy atau masalah lainnya insya Alloh kyai mahmud bisa membantu:

    1,pembuka jodoh
    2,usaha bangkrut
    3,masalah suami/istri
    4,terlilit hutang
    5,penglaris dagangan

    masih banyak yg lain, inilah bantuan ( Kyai Romo Lawu )

    BalasHapus